Beli HONDA itu? #UdahFRANKYAja
0878-7041-7889
CARA CEPAT | MUDAH | TERJANGKAU
GAK PAKE RIBET...
PESAN SEKARANG | Besok DP NAIK
PROMO GEDE2-AN SETIAP HARI kecuali HARI KIAMAT

HONDA MANDIRI BOGOR

JL. PAJAJARAN No.27 KOTA BOGOR, Jawa Barat 16142

LAYANAN SAYA; PROMO AKHIR TAHUN TERBAIK | DP & ANGSURAN TERBAIK | BISA TRADE-IN #UdahFRANKYAja

Berkendara Aman di Sekitar Pengguna Motor

Friday, October 2nd 2015.
Selamat Datang di www.paketkreditmobilhonda.com Rajanya Promo Mobil Honda, Jaminan Harga dan Layanan Terbaik... TERBUKTI...!! BUKTIKAN SENDIRI...

Berkendara Aman di Sekitar Pengguna Motor

Ramainya Lalu-lintas Jakarta

tips mengemudi di jalan raya,cara berkendara mobil di jalan raya,cara mengendarai mobil dijalan raya bagi pemula,tips aman berkendara di jalan raya,tips mengemudi mobil di jalan raya,tips mengemudi di jalan raya bagi pemula,tips berkendara yang aman di jalan raya,cara aman berkendara di jalan raya

Cara berkendara mobil di jalan rayaBerkendara di lalu-lintas yang ramai seperti seperti di Jakarta pasti dipenuhi kendaraan bermotor roda dua. Mungkin sebagian pengendara kendaraan roda empat sering jengkel dengan sikap pengendara sepeda motor yang seenaknya memotong jalur. Sehingga membahayakan pemakai jalan yang lain, tips mengemudi di jalan raya,cara berkendara mobil di jalan raya.

Padahal, hal tersebut sangat berbahaya bagi pengendara motor sendiri maupun mobil di dekatnya. Ketimbang kita marah-marah tidak jelas ada baiknya kita membaca tulisan ini sesuai saran dari Instruktur Safety Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah ada beberapa sifat pengendara sepeda motor di Indonesia yang harus dimengerti oleh pengemudi mobil, cara mengendarai mobil dijalan raya bagi pemula,tips aman berkendara di jalan raya.

Dua Hal Yang Harus Diperhatikan Dari Pemakai Motor

Pertama, pengendara sepeda motor sering bergerak dengan cepat. Sebaliknya, ada juga pengendara sepeda motor yang berjalan lambat.

Kedua, pemotor sering bergerak dari berbagai arah dan cenderung lebih agresif. Boy mengatakan, mayoritas korban kecelakaan yang meninggal dunia adalah pengendara sepeda motor yang tidak peduli dengan sifat agresifnya.

Pemotor Rawan Kecelakaan

Dari data yang ada di kepolisian bahwa sebanyak 61 persen korban kecelakaan yang meninggal dunia adalah pengendara roda dua. Karena mereka tidak peduli dan cenderung pindah-pindah jalur. Sebenarnya kita harus tahu siapa yang jadi prioritas (agar tidak saling menyerobot), tips mengemudi mobil di jalan raya,tips mengemudi di jalan raya bagi pemula.

Selain itu, pengendara motor tidak jarang berada di area blind spot yang tidak terlihat oleh pengemudi mobil. Mereka juga sangat labil dengan keseimbangan. Selanjutnya ada sebuah kecelakaan mereka (pemotor) cenderung mengalami cedera serius sehingga berakibat kematian, tips berkendara yang aman di jalan raya,cara aman berkendara di jalan raya

Karenanya, pengemudi mobil disarankan untu mencoba memahami perilaku pengendara sepeda motor. Selalu waspada terhadap manuver mendadak dan gunakan lampu indikator (sein) saat ingin berpindah jalur.

Sering Cek Kaca Spion

Biasakan selalu mengecek kaca spion setiap 5 sampai 8 detik, terutama sebelum melakukan manuver. Double cek, cek spion kiri, kanan kiri lagi. Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa selalu mengecek kaca spion bakal mengganggu konsentrasi. Padahal, hal tersebut juga berguna untuk mengurangi dampak fiksasi mata jika selalu menatap ke arah depan, Justru jadi bisa menghindari highway hypnosis, fiksasi mata.

Selanjutnya, biasakan menoleh/head check. Hal itu berguna untuk memastikan area blind spot yang tidak terlihat melalui kaca spion.

Cara berkendara mobil di jalan raya

Sobat Honda Bogor, Dalam berkendara di jalan raya fakfor keamanan benar-benar harus diperhatikan, karena di jalan raya sering sekali terjadi kecelakaan, perlu di ketahui jumlah korban kecelakaan jalan raya sangat tinggi sekali. Untuk itu berhati-hatilah jika berkendara di jalan raya, patuhi selalu peraturan berlalu lintas, awal dari kecelakaan biasanya berawal dari pelangran lalu lintas. Jika kita berkendara di antara truk, bus, dan sepeda motor, itu berbahaya sehingga membutuhkan pemahaman. Contohnya sepeda motor, yang tak jarang ugal-ugalan dan tak mementingkan keamanan diri sendiri.

Ada banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan roda dua. Ini lantaran ada banyak blank spot di antara kendaraan sehingga perlu hati-hati dan terus memperhatikan kalau-kalau ada sepeda motor yang melintas mendadak. Truk juga sering sebagai penyumbang resiko kecelakaan yang tinggi, begitu pun saat berkendara di antara truk atau bus besar, yang memiliki area blank spot lebih besar lagi. Untuk itu kita sebagai pengendara harus menjadi pelopor keselamatan berkendara di jalan raya, sehingga bisa menjadi contoh berkendara yang baik.

Pelatihan keahlian berkendara yang aman itu meliputi teori dan praktek. Materi teori meliputi teknik berkendara yang aman, hemat bahan bakar, handling kendaraan, dan keselamatan berkendara di tengah-tengah sepeda motor, truk, atau bus besar.

Pada praktek di lapangan, peserta berlatih teknik pengendalian setir di tangan, mengantisipasi blank spot, sampai pemanfaatan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang banyak diadopsi oleh mobil-mobil modern.

Hukum 3 Detik

Salah satu topik penting yang dibahas pada pelatihan itu adalah soal menjaga jarak aman melalui “Hukum 3 Detik”. Teknik ini adalah ketika kendaraan yang ada di depan melintas di sebuah poin, maka kita harus bisa menghitung 1-3 selama tiga detik sebelum tiba di poin tersebut.

Pada sisi lain, pengendara dan penumpang sepeda motor adalah kelompok terbesar yang ikut serta dalam kecelakaan fatal di jalan. Tahun demi tahun, statistik menunjukkan sepeda motor tetap kelompok paling rentan. Sebanyak 70% pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan diantara semua pengguna jalan. Untuk meningkatkan keselamatan di jalan seorang pengendara sepeda motor harus mengikuti ketentuan dasar lalu lintas dan ketentuan lainnya. Berikut panduan mengendarai sepeda motor yang aman, yang diambil dari National Traffic Management Center.

Keselamatan di jalan untuk pengendara sepeda motor jadi perhatian penting, karena mengendarai sepeda motor memerlukan keseimbangan, keterampilan, dan kontrol yang lebih besar dibanding mengemudikan sebuah mobil.

Untuk menghindari kecelakaan, sebelum mengendarai sepeda motor sebaiknya mulai dengan memakai perlengkapan yang tepat, patuhi peraturan berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan berlalu lintas. Kita harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas, hal yang perlu diperhatikan dalam berlalu lintas bagi pemotor sebagai berikut:

  1. Helm yang baik dan sesuai standard, sarung tangan, jaket, sepatu. Periksa ban, pastikan ban tidak botak dan masih berulir
  2. Menjaga kendaraan dalam kondisi laik jalan
  3. Memakai baju yang pas dan baik dan memakai sepatu
  4. Memastikan pengait helm terpasang dengan baik pada dagu saat berkendara
  5. Mengecek kaca spion apakah terpasang dengan benar
  6. Melakukan pengereman dengan efektif
  7. Selalu memakai ban yang berulir dan tidak botak/aus
  8. Saat menyalip ambil lajur sebelah kiri.
  9. Menjaga jarak aman dari kendaraan lain, hindari membuntuti kendaraan
  10. Mengontrol emosi, selalu sopan dan menghargai pemakai jalan lainnya
  11. Selalu mematuhi ketentuan lalu lintas, lampu pengatur lalu lintas/traffic light, maupun rambu-rambu lalu lintas
  12. Berkonsentrasi ketika berkendara dan konsentrasi pada jalan
  13. Tidak berkendara saat mabuk
  14. Janganlah mengendarai sepeda motor secara zig zag
  15. Janganlah menyalip sebuah konvoi kendaraan
  16. Mengatur kecepatan kendaraan sesuai ketetapan kecepatan yang diatur
  17. Perlambat laju kendaraan saat mendekati tikungan
  18. Mengantisipasi pejalan kaki yang mungkin menyeberang di seberang jalan
  19. Mampu merespons segala kondisi jalan yang berbahaya atau sulit dengan aman, seperti adanya pekerjaan jalan, kecelakaan lalu lintas, jalan yang berpasir, tumpahan oli, puing-puing di jalan, maupun cuaca buruk.
  20. Keluar dari blind spot, hingga dapat terlihat oleh pengendara lain.
  21. Jangan berhenti mendadak dan mengubah jalur tiba-tiba, berikan isyarat tangan atau lampu isyarat penunjuk arah pada pengguna jalan lain sebelum mengubah lajur maupun saat mendahului.

Demikian saran dari Instruktur Safety Driving, selamat berkendara patuhi peraturan lalu lintas dan sesama pemakai jalan.

aman berkendara saat hujan,aman berkendara mobil,aman berkendara saat banjir,aman berkendara,aman berkendara motor,aman berkendara di jalan raya,aman berkendaraan,berkendara aman di jalan,berkendara aman di musim hujan,aman berkendara saat banjir,tips aman berkendara saat banjir,tips aman berkendara bagi wanita,cara aman berkendara saat hamil,cara aman berkendara saat musim hujan,aman berkendara di jalan raya,berkendara aman di jalan,berkendara aman di musim hujan,tips aman berkendara di malam hari,tips aman berkendara di jalan raya,jarak aman berkendara di tol,tips berkendara aman dengan mobil,aman dalam berkendara,tips aman berkendara di jalan tol,jarak aman berkendara di jalan tol

tips mengemudi di jalan raya,cara berkendara mobil di jalan raya,cara mengendarai mobil dijalan raya bagi pemula,tips aman berkendara di jalan raya,tips mengemudi mobil di jalan raya,tips mengemudi di jalan raya bagi pemula,tips berkendara yang aman di jalan raya,cara aman berkendara di jalan raya

100% Jaminan Harga Terbaik - Terima Trade-in Harga Tertinggi Semua Merek Mobil - Bisa Tukar Mobil Lama Anda Dengan Mobil Honda Terbaru Kami - Beli Mobil..? Tanya FRANKY aja.. 0878-7041-7889

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Best Seller

Related Article Berkendara Aman di Sekitar Pengguna Motor

Monday 3 August 2015 | TIPS & TRIK

Cara Deteksi Kampas Rem Telah Habis Mengecek Kampas Rem Mobil Cara Deteksi Kampas Rem Telah Habis, Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki banyak komponen yang dapat…

Saturday 26 September 2015 | TIPS & TRIK

Hati-Hati Efek Negatif Berkendara Dengan Ban Kempis Bahayanya Berkendara Dengan Ban Kempis Hati-Hati Efek Negatif Berkendara Dengan Ban Kempis, Bagi Pengendara, situasi ban kempis pasti…

Sunday 27 December 2015 | TIPS & TRIK

Tips Merawat Mika Lampu Mobil Pentingnya Merawat Mika Lampu Mobil Tips Mudah dan Murah Merawat MIka Lampu Mobil Tips Merawat Mika Lampu Mobil, Lampu yang…