>> Klik Disini << FRANKY RAJANYA SALES DISKON* : PROMO PALING HEBOH... GRATIS BENSIN, Dapatkan Bonus Melimpah + Hadiah LANGSUNG* E-Toll, GRATIS SERVICE sd 4th, DAPATKAN BONUS FULL ASESORIS LANGSUNG.... Hanya Ada Di Rajanya Sales Diskon...*S&K - - >> Klik Disini <<
BELI MOBIL HONDA DAPATKAN PPnBM 100%* CITY HATCHBACK- BRIO – MOBILIO – JAZZ – BRV – HRV – CRV – CIVIC – CITY – ACCORD - ODYSSEY BISA TRADE-IN SEGALA MEREK MOBIL PROSES DI BANTU SAMPAI MOBIL DITERIMA
Menu
Model
Beranda » PAKET KREDIT » Cara Aman Menderek Mobil Matic

Cara Aman Menderek Mobil Matic

Dipublish pada 8 Juni 2021 | Dilihat sebanyak 94 kali | Kategori: PAKET KREDIT

Cara Aman Menderek Mobil Matic

Saat ini mobil matic menjadi favorit di berbagai kalangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Karena semakin banyak peminatnya, hampir semua produsen mobil mengeluarkan produk transmisi matic mulai dari jenis sedan sampai jenis mobil SUV.  Walaupun mobil matic menggunakan teknologi yang canggih, namun tidak lepas dari masalah, salah satunya adalah mengalami mogok.

Jika mobil mengalami mogok, tentu sangat menjengkelkan. Karena tidak semua orang bisa mengatasinya. Apalagi ada aturan khusus untuk mobil matic jika mogok yaitu tidak bisa sembarangan mendorongnya. Hal ini berbeda dengan mobil dengan transmisi manual yang bisa didorong dengan bebas. Hal ini yang menjadikan alasan beberapa orang memilih menggunakan transmisi manual.

Aturan Mendorong Mobil Matic Agar Aman

Mobil matic hanya boleh didorong untuk dipindahkan ke bagian bahu jalan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi atau mencegah terjadi kerusakan girboks karena pergerakan rodanya berputar terlalu lama. Aturan yang kedua adalah hanya boleh didorong pada saat posisi netral agar tidak terjadi gesekan besar yang bisa menyebabkan logam penggerak transmisi mobil rontok. Jika mobil matic Anda sudah didorong, bilang kepada teknisi atau montir bengkel agar mobil bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Mengapa Menderek Mobil Matic Tidak Boleh Sembarangan

Hati-hati mendorong mobil matic dalam jarak yang lumayan jauh bisa menyebabkan kerusakan pada komponen kendaraan, seperti: komponen planetary gear dan converter torque. Kedua komponen tersebut bisa mengalami aus atau rusak pada saat posisi roda menyentuh permukaan tanah dan roda akan terus berputar.

Mengapa demikian? Karena pada waktu roda berputar, komponen transmisi tidak mendapatkan pelumas yang baik karena pompa hidrolik oil akan bekerja pada saat mesin hidup. Akibat logam yang saling beradu tanpa oli bisa menyebabkannya aus, rusak bahkan patah.

Mobil matic yang mogok harus dibawa dengan jarak yang jauh, akan lebih aman jika dibawanya menggunakan mobil derek. Jenis derek yang digunakannya pun sebaiknya jenis derek dorong atau mobil matic yang mogok diangkut ke atas mobil towing.

Aturan Menarik Mobil Matic

Namun apabila terpaksa harus ditarik maka yang harus diperhatikan adalah menggunakan penggerak roda depan atau roda belakang. Apabila penggerak menggunakan roda depan maka lebih baik ban bagian belakang yang menyentuh tanah. Begitupun sebaliknya, jika penggerak roda belakang maka roda depan yang menyentuh tanah. Aturan ini harus diperhatikan agar tidak bersinggungan dengan aspal.

Anda harus tahu apa yang menjadi penyebab mobil mobok, pastikan juga hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab mobil matic mogok. Dengan mengetahui penyebabnya, bisa dijadikan cara mencegah agar tidak terjadi dan memudahkan Anda menangani jika mengalami masalah yang sama.

Salah satu cara yang efetif untuk mencegah mogok adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan berkala, minimal 2 bulan sekali. Jika Anda mencari bengkel, pastikan bengkel yang recommended dan ahli menangani mobil matic.

Jika Anda sudah mengasuransikan mobil Anda, tidak perlu khawatir jika mobil mogok karena produk asuransi memberikan berbagai paket disertai fasilitas layanan yang istimewa, mulai dari mobil derek, perbaikan darurat, perlindungan, mobil pengganti, dan lainnya. Nah bagi yang belum mengasuransikan mobil matic kesayangan, sebaiknya segera daftarkan.

Demikian informasi mengenai aturan khusus mendorong mobil matic yang benar untuk mencegah kerusakan mobil lebih parah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara derek mobil matik yang mogok berbeda dari mobil bertransmisi manual. Jika dilakukan asal-asalan, akan bisa merusak sistem transmisi pada kendaraan roda empat.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Terpaksa Harus Menderek Mobil

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat terpaksa harus menderek mobil matik agar tidak rusak.

Netral

Pertama, pastikan mobil dalam posisi netral dan gunakan fhift lock bila perlu Ketika ingin menderek mobil atau mendorong mobil, pastikan tuas transmisinya berada di posisi N (Netral).

Selain itu jika harus mendereknya dengan model derek tarik maka sebaiknya menggunakan shift lock dan posisikan transmisi ke posisi N sehingga tetap bisa mencabut kunci mobil atau mematikan sistem kelistrikan mobil.

Enggak bisa hidup dengan didorong

Bagi para pemilik mobil manual yang mobilnya mogok karena kehabisan daya aki tentu saja sering melakukan start dorong (jump start) dengan memasukkan posisi transmisi ke gigi 1 atau 2 dan mendorong mobil secara cepat untuk menyalakan mesin. Namun sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan di mobil dengan transmisi matic.

Walaupun tertera tulisan 1-2 dan 3 pada tuas transmisi matic, tetap saja pengoperasiannya butuh tekanan oli ketika mobil dinyalakan. Jadi jangan pernah coba coba melakukan start dorong pada mobil matic karena selain tidak ada gunanya juga berpotensi merusak transmisi matic itu sendiri.

Gunakan derek gendong

Di zaman sekarang ini, mobil derek gendong semakin banyak populasinya. Oleh karena itu gunakanlah mobil derek dengan jenis ini karena mobil derek dengan jenis ini membuat ban mobil tidak bergerak sehingga aman untuk mobil matik.

Perhatikan penggerak roda

Jika yang tersedia hanya mobil derek tarik, perhatikan penggerak roda mobil. Apabila mobil menggunakan penggerak roda depan, sebaiknya angkatlah bagian depan mobil, begitu juga apabila mobil menggunakan penggerak roda belakang maka roda belakanglah yang diangkat.

Cara ini digunakan untuk mencegah putaran berlebihan pada transmisi matic yang tentunya akan membuat rusak atau aus transmisi.

Demikianlah cara derek mobil matik yang benar dan tidak membuat mobil cepat rusak.

Cara derek mobil matic, cara derek mobil matic yang benar, cara derek mobil matic agar tidak rusak. Cara derek mobil matic mobil honda, cara benar derek mobil matic, derek mobil matic honda.

Diposting oleh

Honda Bogor, Honda Mandiri Bogor, Honda Bogor Pajajaran, Dealer Honda Bogor, Honda Soleh Iskandar, Honda Mobilio Bogor, Sales Honda Bogor, Dealer Honda Pajajaran, Brio Bogor, Jazz Bogor, Mobilio Bogor, HRV Bogor, CRV Bogor, BRV Bogor, Honda Pajajaran Bogor, Honda Mobil Bogor

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda