>> Klik Disini << FRANKY RAJANYA SALES DISKON* : PROMO PALING HEBOH... GRATIS BENSIN sd 6jt, Dapatkan Bonus Melimpah + Hadiah LANGSUNG* E-Toll 2jt, GRATIS SERVICE sd 4th, DAPATKAN BONUS FULL ASESORIS LANGSUNG.... Hanya Ada Di Rajanya Sales Diskon... #tanyaFRANKY 0878-7041-7889 - - *S&K - - >> Klik Disini <<
FRANKY RAJANYA SALES DISKON JAGONYA DISKON BRIO – MOBILIO – JAZZ – BRV – HRV – CRV – CIVIC – CITY – ACCORD - ODYSSEY TERIMA TRADE-IN SEGALA MEREK MOBIL HARGA PALING TINGGI
Menu
Model
Beranda » HONDA BOGOR » Manfaat Ganti Oli Mesin

Manfaat Ganti Oli Mesin

Dipublish pada 10 September 2020 | Dilihat sebanyak 184 kali | Kategori: HONDA BOGOR

Manfaat Ganti Oli Mesin

Pada umumnya orang mengganti oli mesin mobil setelah mencapai batas maksimal jarak tempuh yang tercatat di ‘Kartu Ganti Oli’ yang menggantung di dekat stir, tanpa mempertimbangkan kondisi jalan yang dilintasi mobil. Padahal, kerusakan oli mesin mobil dipengaruhi oleh lamanya mesin tersebut beroperasi atau running engine hours. Sehingga mobil yang sering melintasi jalan macet dan menanjak seharusnya lebih cepat dalam penggantian oli mesin.

Manfaat Ganti Oli Mesin Mobil

Tiga Jenis Oli Mobil Yang Perlu Perawatan Rutin

Sobat Honda Bogor, terdapat tiga jenis oli mobil yang perlu dirawat secara rutin, yaitu oli mesin, oli transmisi (persneling) dan oli gardan (defferential). Secara berurutan, perawatan penggantian oli dari yang tercepat adalah oli mesin, oli transmisi dan oli gardan. Oli mesin kendaraan memiliki perawatan penggantian oli yang lebih sering dari pada jenis oli yang lain. Oli persneling dan gardan bisa tahan lama karena dalam operasinya tidak seberat yang dialami oleh oli mesin.

Oli mesin beroperasi dalam lingkungan temperatur yang tinggi karena berada di dekat ruang pembakaran bahan bakar. Sedangkan oli gardan baru beroperasi ketika mobil mulai berjalan. Bahkan oli mesin ini juga masih beroperasi walau jalan macet. Berawal dari alasan itulah maka kurang tepat kalau penggantian oli mesin hanya didasarkan pada jumlah kilo meter perjalanan yang telah ditempuhnya. Sedangkan penggantian oli mesin yang hanya didasarkan pada lama waktu pemakaian ini juga kurang tepat karena mobil yang sering melintas di jalan yang macet atau off road akan mengalami kerja keras.

Kapan Sebaiknya Harus Mengganti Oli Mesin

Menurut buku manual, umumnya penggantian oli mesin mobil dianjukan setiap mencapai jarak tempuh 10.000 km atau 6 bulan sekali. Itu kalau menggunakan jenis oli full sintetik. Namun jika menggunakan oli yang mengandung banyak campuran mineral hanya 5.000 km. Penggantian oli mesin mobil menurut buku manual ini dapat Anda ikuti dengan asumsi mobil operasikan secara secara normal. Selain tidak sering melintasi jalan tanjakan, kendaraan juga tidak untuk geber-geberan, tidak sering melintasi jalan yang macet ataupun off road.

Ganti Oli Mesin Berapa Km

Halo Sobat Honda Bogor, penggantian oli mesin mobil dapat Anda tentukan menurut lamanya mesin beroperasi atau running engine hours. Apabila mesin sering Anda gunakan untuk kerja berat berarti perlu penggantian oli lebih cepat. Namun untuk mengetahui secara pasti, Anda bisa memperhatikan 9 tanda kapan Anda perlu mengganti oli mesin mobil. Penggantian oli mesin yang terlambat dapat menyebabkan kerusakan komponen mesin dan menurunkan performa mesin kendaraan.

Kualitas Oli Sudah Menurun

Oli yang belum pernah dipakai biasanya berwarna jernih, lengket dan licin ketika dipegang. Sebaliknya oli mesin yang sudah dipakai, apalagi sudah berkilo-kilo meter akan mengalami perubahan fungsi sebagai pelumas.

Selain berubah warna menjadi coklat kehitam-hitaman, oli mesin juga nampak keruh dan menjadi kurang bisa melumasi dengan baik.

Amati Stick Level Oli Mesin Kendaraan

Sebaiknya mengecek permukaan oli mesin, pastikan mesin dalam kondisi dingin terlebih dahulu. Apabila dalam kondisi panas, permukaan oli akan naik karena pemuaian oli mesin. Sehingga tidak valid.

Apabila permukaan oli berada dibawah batas standard dapat Anda tambahkan. Namun tidak perlu terlalu banyak hingga melebihi batas maksimal. Penambahan oli mesin yang terlalu banyak dapat memperlambat putaran mesin sehingga performa mesin menjadi turun.

Cek Kartu Ganti Oli

Ketika Anda ganti oli kendaraan di bengkel biasanya diberikan kartu jadwal penggantian oli berikutnya. Oleh pemilik bengkel rata-rata diberikan tenggang waktu penggantian oli berikutnya setelah mencapai 5000 km perjalanan.

Namun jika kendaraan Anda sering melintasi jalan yang macet dan menanjak lebih baik Anda ganti Sebaiknya mencapai batas km yang tertera di kartu ganti oli tersebut biar mobil Anda bisa terawat dengan baik.

Berasa Suara Mesin Kasar

Mesin kendaraan ketika dihidupkan dapat diidentifikasi secara visual. Melalui suara mesin yang ditimbulkan inilah Anda dapat mendeteksi kondisi mesin, termasuk ketika oli sudah mulai tua.

Selain menimbulkan getaran yang tinggi, oli yang sudah lama dipakai akan menyebabkan suara mesin menjadi kasar dan berisik.

Baca juga : Tips Cuci Mobil Yang Benar

Perhatikan Lama Waktu Pakai Oli

Sobat Honda Bogor, menurut buku manual, selain penggantian oli mesin berdasarkan jarak tempuh juga lamanya oli dipakai. Untuk jarak tempuh biasanya setiap 5000 km, dan lama waktu pakai oli selama 6 bulan.

Apabila mobil jarang Anda gunakan bisa saja Sebaiknya mencapai 5000 km sudah lebih dari 6 bulan. Jika kondisinya demikian, Anda perlu menggantinya walaupun belum mencapai 5000 km.

Perhatikan Jarak Tempuh Mobil

Karena kesibukan atau yang lain kadang pengemudi kurang memperhatikan jarak tempuh mobil untuk penggantian oli berikutnya. Jarak tempuh yang aman dalam mengganti oli mesin adalah antara 4000 km hingga 6000 km tergantung dari kondisi mesin dan kualitas oli yang digunakan.

Akselerasi Mesin Berasa Berat

Sebabkan menurunnya kualitas oli, maka gesekan antar komponen mesin menjadi tinggi. Gesekan inilah yang menyebabkan turunnya performa mesin. Ketika Anda injak pedal gas serasa telat akselerasinya.

Getaran Mesin Berasa Tinggi

Selain akselerasi mesin yang menurun, getaran mesin juga menjadi tinggi. Hal ini sangat terasa ketika mesin dalam kondisi putaran idle.

Perhatikan Lampu Indikator Oli Mesin Menyala

Khusus mobil-mobil tertentu dilengkapi dengan lampu indicator untuk memantau kondisi oli mesin ini. Apabila tekanan oli dalam mesin sudah mulai turun maka lampu indicator ini akan menyala, sebagai pertanda Anda harus menggantinya. Apabila Anda mengabaikan peringatan ini maka mesin akan mati secara otomatis.

Setting-an ini bertujuan untuk menghindari kerusakan mobil Sebabkan telat dalam penggantian oli mesin.

Penting Untuk di ingat

Oli kendaraan memiliki peranan yang sangat vital dalam performa mesin. Sebabkan kelalaian dalam mengganti oli dapat menyebabkan kerusakan kendaraan

Mengganti oli mesin mobil secara rutin pada kendaraan bermotor adalah hal wajib. Soalnya mengganti oli mesin mobil bukanlah hal yang sepele. Kesalahan dalam memilih atau saat mengganti oli mesin mobil bisa berSebabkan fatal nantinya.

Sobat Honda Bogor, bukan Sekedar Mengganti Oli. Berikut Sederet Fakta dan Mitos Mengganti Oli Mesin Mobil yang Benar, Dalam persoalan mengganti oli mesin mobil, beragam pendapat dan mitos-mitos mulai bermunculan, termasuk kesalahpahaman tentang oli mesin itu sendiri. Bagi yang tidak paham, mitos-mitor yang berkembang seputar oli mesin sangat membingungkan. Nah agar tidak bingung, melansir dari laman otosia.com berikut adalah fakta-fakta dan mitos-mitos tentang oli.

Ganti oli mesin mobil yang berwarna hitam

Wajar jika warna oli mesin berubah hitam. Namun tidak selalu benar sebagai penanda sudah saatnya mengganti oli mesin mobil dengan yang baru. Padahal anggapan itu tak sepenuhnya benar. Sebab mengganti oli mesin mobil itu tetap harus mengikuti buku panduan dari pabrikan kendaraan tersebut.

Bukan Sekedar Mengganti Oli. Berikut Sederet Fakta dan Mitos Mengganti Oli Mesin Mobil yang Benar,  Karena oli bukan hanya sebagai pelumas, tapi fungsinya juga untuk membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida, karbon dan kerak-kerak yang ditimbulkan karena pembakaran. Maka wajar dalam waktu singkat oli bisa berubah hitam.

Mengganti oli mesin mobil dengan berbagai merk, Bukan Sekedar Mengganti Oli. Berikut Sederet Fakta dan Mitos Mengganti Oli Mesin Mobil yang Benar

Benarkah sering mengganti oli mesin mobil dengan berbagai merek bikin mesin gampang rusak? Jawabannya tidak sepenuhnya benar, hal tersebut tidak berbahaya bagi mesin sepanjang kadar kekentalan oli yang digunakan sesuai spesifikasi mesin kendaraan. Faktor yang paling penting lainnya adalah gunakan selalu oli mesin mobil dengan kualitas terbaik.

Mengganti oli mesin mobil sintetik untuk kendaraan tua, Bukan Sekedar Mengganti Oli. Berikut Sederet Fakta dan Mitos Mengganti Oli Mesin Mobil yang Benar

Halo Sobat Honda Bogor, Oli sintetik biasanya lebih direkomendasikan untuk kendaraan keluaran terbaru karena lebih cocok dengan teknologi-nya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kendaraan lama bisa menggunakannya.

Mengganti oli mesin mobil mengikuti jarak tempuh, Pada mobil biasanya mengganti oli mesin mobil pada kelipatan 5.000 – 10.000 km. Namun sebenarnya, hal tersebut juga tergantung dengan situasi dan kondisi. Jika mobil Sahabat pakai untuk kegiatan sehari-hari dan sering terjebak macet, maka yang harus menjadi pertimbangan adalah jam kerja mesin kendaraan. Meski kilometer tidak jalan, namun mesin tetap jalan dan tetap ter sirkulasi.

Jadi ketika Sahabat mengganti oli mesin mobil perhatikan running hours mesin mobil kamu ya. Kamu bisa mengetahui mengapa jarak tempuh mobil sudah tidak relevan lagi untuk melakukan penggantian oli mesin mobil di artikel Servis Berkala Mobil yang Benar. Jarak Tempuh Bukan Acuan!.

Ganti oli mesin mobil & kuras oli mesin mobil

Tahukah Sahabat, ada dua cara untuk mengganti oli mesin mobil, yaitu dengan kuras oli atau hanya dibuang lalu ditambahkan saja seperti yang biasa mekanik lakukan di bengkel. Mungkin Sahabat akan bertanya di manakah perbedaannya, lalu apa benefit dari masing-masing cara tersebut. Toh, yang penting kan mengganti oli mesin mobil sesuai dengan waktu dan running hours mesin-nya.

Nah, biar tidak salah paham, mari simak apa perbedaan ganti oli dan kuras oli mesin mobil. Mungkin Sahabat akan berpikir ketika mendengar kata ganti oli dan kuras oli adalah hal yang sama. Tapi nyatanya antara dua istilah itu berbeda, masing-masing memiliki pengertian yang berbeda.

Mengganti oli mesin mobil

Pada proses mengganti oli mesin mobil, ternyata oli lama hanya dibuang dengan cara membuka baut di bagian bawah bak penampungan saja. Jumlah oli yang terbuang juga hanya sekitar 3-4 liter. Biasanya mengganti oli mesin mobil disarankan dilakukan setiap kendaraan menempuh 10.000 kilometer atau disesuaikan dengan running hours mesin.

Bagikan informasi tentang Manfaat Ganti Oli Mesin kepada teman atau kerabat Anda.

Artikel ditulis oleh
Honda Bogor, Honda Mandiri Bogor, Honda Bogor Pajajaran, Dealer Honda Bogor, Honda Soleh Iskandar, Honda Mobilio Bogor, Sales Honda Bogor, Dealer Honda Pajajaran, Brio Bogor, Jazz Bogor, Mobilio Bogor, HRV Bogor, CRV Bogor, BRV Bogor, Honda Pajajaran Bogor, Honda Mobil Bogor

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Honda Bogor, Harga Honda Hr-V Bogor, Dealer Resmi Mobil Honda Bogor, Promo Honda Mobilio Bogor, Honda Sentul Bogor

Tentang Kami

Dipublish pada 26 Juli 2015 | Dilihat sebanyak 0 kali | Kategori: PAKET KREDIT

Honda Bogor Dealer Resmi Mobil Honda Bogor Informasi Resmi dan Terbaru Mobil HONDA, Dari Harga Mobil Honda, Produk, Spesifikasi, Info Kredit dan Promo terbaru. Dealer Resmi Mobil Honda Bogor, Kredit Mobil Honda Bogor. Sales Dealer Resmi Mobil Honda Perkenalkan saya Franky... selengkapnya

Promo Di Bogor

Promo Di Bogor

Dipublish pada 2 September 2017 | Dilihat sebanyak 37 kali | Kategori: HONDA BOGOR

Sobat Honda Bogor, jika Anda mencari mobil Honda Honda Mobilio dengan promo yang terbaik, maka dengan telah membaca web ini Anda sudah berada pada jalur yang tepat dan benar. Mengapa saya katakan demikian karena dealer kami yaitu Honda Mandiri Bogor atau... selengkapnya

Promo Di Bogor

Promo Di Bogor

Dipublish pada 2 September 2017 | Dilihat sebanyak 38 kali | Kategori: HONDA BOGOR

Sobat Honda Bogor, jika Anda mencari mobil Honda Honda Mobilio dengan promo yang terbaik, maka dengan telah membaca web ini Anda sudah berada pada jalur yang tepat dan benar. Mengapa saya katakan demikian karena dealer kami yaitu Honda Mandiri Bogor atau... selengkapnya

Jual Di Bogor

Jual Di Bogor

Dipublish pada 2 September 2017 | Dilihat sebanyak 43 kali | Kategori: HONDA BOGOR

Sobat Honda Bogor, jika Anda mencari mobil Honda Honda CR-V dengan promo yang terbaik, maka dengan telah membaca web ini Anda sudah berada pada jalur yang tepat dan benar. Mengapa saya katakan demikian karena dealer kami yaitu Honda Mandiri Bogor atau... selengkapnya

Call Now ButtonHUBUNGI FRANKY